Kendari (ANTARA) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi pendataan keluarga tahun 2021 di Desa Wonua, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Senin.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Konawe Selatan, I Gusti Agus Suwantara dan dihadiri oleh Koordinator Bidang Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim.

Kadis PPKB Konawe Selatan, I gusti Agus Suwantara, mengatakan, sebelum dilakukan sosialisasi itu sudah dilakukan kegiatan awal yang dilakukan oleh jajaran Dinas PPKB Konawe Selatan pasca pertemuan tingkat provinsi.

“Agar kegiatan ini diikuti dengan baik sehingga menghasilkan daya yang akurat sehingga dapat mengurangi kesalahan dalam proses pelaksanaannya,” katanya.

Ia berharap, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dengan baik karena peserta yang dilatih akan menjadi tim pengajar di level kecamatan dan desa.

Agus Salim mengatakan, kegiatan sosialisasi di kabupaten tersebut merupakan tindaklanjut dari pertemuan di tingkat provinsi.

“Kegiatan ini untuk menghasilkan data mikro berbasis “by name by address”. Pendataan Keluarga 2021 merupakan kegiatan strategis Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana),” katanya.

Hasil pendataan kata dia, dipakai untuk kepentingan perencanaan, evaluasi dan pengukuran kinerja hingga di wilayah administrasi terkecil.

“Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dituntut untuk bekerja keras serta memiliki semangat dan komitmen tinggi untuk menyukseskannya. Mulai tahap persiapan, pelaksanaan sampai evaluasi,” ujarnya.

Peserta sosialisasi tersebut sebanyak 51 orang yang terdiri dari manajer Data dan Manajer Pengelola Tingkat Kecamatan, serta jajaran yang berkompoten dari Dinas PPKB Kabupaten Konawe Selatan.