Kendari (ANTARA) – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Sosialisasi Pendataan Keluarga 2021 di Kota Kendari, Jumat.

Sosialisasi yang berlangsung sehari dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Kendari, Rusnani dan dihadiri oleh  Koordinator Bidang Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, beserta tim.

“Terimakasih kepada Tim Perwakilan BKKBN Sultra yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. Pada dasarnya pemkot Pemkot Kota Kendari mendukung penuh kegiatan Pendataan Keluarga Tahun 2021,” kata Rusnani.

Rusnani mengatakan, kegiatan pendataan merupakan kebutuhan yang penting dalam perencanaan suatu program.

“Saya berharap, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dengan baik karena peserta yang dilatih akan menjadi tim pengajar di level kecamatan dan kelurahan,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, mengatakan pendataan Keluarga 2021 merupakan kegiatan strategis Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

“Hasil pendataan untuk kepentingan perencanaan, evaluasi kinerja dan tata wilayah administrasi. Semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dituntut untuk bekerja keras serta memiliki semangat dan komitmen tinggi untuk menyukseskannya. Mulai tahap persiapan, pelaksanaan sampai evaluasi,” katanya.

Pendataan Keluarga lanjut Agus Salim, juga bisa digunakan untuk mendiagnosa kemiskinan, ketertinggalan pembangunan hingga keluarga berkualitas dengan kondisi yang berbeda-beda antar wilayah.

“Karena itu, selama ini hasil PK juga dimanfaatkan oleh lembaga atau kementerian terkait,.” katanya.

Kegiatan ini diikuti 23 peserta yang terdiri dari manajer Data dan Manajer Pengelola Tingkat Kecamatan, serta jajaran yang berkompeten dari Dinas PPKB Kota Kendari.