Perwakilan BKKBN Sultra Menggelar Rapat Evaluasi DUPAK PKB

Kendari (14/08/2020). Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara melalui Tim Penilai DUPAK PKB melakukan rapat evaluasi penialain DUPAK PKB tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat yang dihadiri oleh Tim Sekretariat dan Tim Penilai. Kegiatan ini sangat penting karena tim akan memperoleh potret lengkap tentang kondisi DUPAK PKB tahun 2019 sekaligus menjadi rekomendasi bagi tim untuk melakukan penilaian DUPAK 2020 yang sudah dikumpulkan pada Tim Sekretariat.

Berdasarkan data dari Tim Sekretariat bahwa PKB yang mengumpulkan tahun 2019 sebanyak 229 dan tahun 2020 yang masuk sebanyak 185. Artinya bahwa baik tahun 2019 dan 2020 ada PKB yang tidak mengumpulkan DUPAK sebagai wujud dari implementasi target kinerja dari masing-masing PKB.

Disela-sela kegiatan, Agus Salim selaku Ketua Tim Sekretariat menyampaikan bahwa Tim Sekretariat selama ini sudah bertugas sebagaimana mestinya dalam melakukan verifikasi berkas, pendistribusian DUPAK, penyiapan rapat pleno sampai pada tahap penetapan angka kredit. Sejauh ini pelaksanaan tahapan tersebut masih belum berjalan maksimal karena para PKB dalam mengirim DUPAK masih belum dilengkapai dengan sayarat yang telah ditetapkan.

Demikian halnya dengan Ketua Tim Penilai (Min Rahmatin) bahwa pembuatan DUPAK dan data dukungnya bervariasi, sehingga menyebabkan tim penilai menyesuaikan dengan stadar pembuatan DUPAK sebagimana diatur pada Permenpan No. 21 Tahun 2018 dan Perban BKKBN No. 19 Tahun 2018.

Kedepannya akan dilakukan revisi SK untuk menambahkan jumlah Tim Penila yang selama ini hanya berjumlah 7 orang. Untuk efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan program Bangga Kencana tidak terganggu dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Tim Penilai.

Pewarta: Muslimin, SH (Paranata Humas Ahli Muda Perwakilan BKKBN Prov. Sultra)

Editor: Agus Salim, SE., MM (Analis Kebijakan Ahli Madya Perwakilan BKKBN Prov. Sultra)