Presentasi Proposal Penelitian Program Bangga Kencana 2020

 

Kendari (18/08/2020). Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara menggelar Rapat Presentasi Proposal Penelitian Primer Study Kasus di Kabupaten/Kota Tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sultra dan jajarannya serta Para Peneliti dari Perguruan Tinggi LPPM UHO, IAIN Kendari, STIK Avicena Kendari dan LIPI.

Kegiatan ini dilakukan sebagai komitmen BKKBN dalam mengidentifikasi kondisi tentang Program Bangga Kencana di level daerah Kabupaten/Kota. Para pengelola LPPM dari perguruan tinggi tersebut melakukan presentasi terhadap tim dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara untuk memastikan bahwa konsep proposal yang mereka ajukan sesuai dengan substansi Program Bangga Kencana dan mengacu pada Renstra BKKBN Tahun 2020-2024.

Disela-sela kegiatan, Drs. Asmar ,M.Si (Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sultra) menyampaikan apresiasi kepada para Pengelola LPM yang sudah berpartisipasi dalam program penelitian BKKBN ini. Kegiatan presentasi hari ini untuk menyamakan persepsi antara para peneliti dan BKKBN terkait dengan topik penelitian. Lebih lanjut dijelaskan bahwa hasil penelitian ini nantinya akan menjadi dasar pengambilan kebijakan dalam pengelolaan Program Bangga Kencana ke depannya.

Proposal penelitian yang dijaukan sebanyak 4 tema usulan yaitu:

  1. Upaya Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan BKB Holistik Integratif;
  2. Penguatan Tradisi Keluarga Dalam Pengarustamaan Menu Makanan dalam Mendukung Pencapaian Program Perkembangan Anak Baduta Sehat Jasmani dan Rohani;
  3. Penguatan dan Bimbingan Teknis Program KKBPK di Kampung KB dengan Lintas Sektor dan Mitra Kerja;
  4. Efektivitas Penggunaan Vasektomi pada Pasangan Usia Subur Berdasarkan Faktor Predisposing, Enabling dan Reinforcing

Berdasarkan hasil diskusi ada beberapa item judul yang mengalami perubahan baik dari segi penggunaan tata bahasa maupun substansi penelitian. Data final perubahan ini kemudian disesuaikan di Bidang Latbang untuk dilakukan penyesuaian  sebelum kegiatan penelitian dilaksanakan.

Pewarta: Muslimin, SH (Pranata Humas Ahli Muda Perwakilan BKKBN Prov. Sultra)

Editor: Agus Salim, SE., MM (Analis Kebijakan Ahli Madya Perwakilan BKKBN Prov. Sultra)