Forum GenRe Indonesia Sulawesi Tenggara Gelar Kegiatan GenRe Akademik

Kendari (19/08/2020). Forum Generasi Berencana (GenRe) Indonesia Sultra, menggelar kegiatan “Genre Akademik” di Aula Bidang Diklat Perwakilan BKKBN Sultra, 15-17 Agustus 2020.

Kegiatan GenRe Akademik merupakan kegiatan inovatif yang didesain oleh para anak muda yang tergabung di Komunitas Forum GenRe Indonesai Sulawesi Tenggara. Selama ini para anak muda ini sudah berkontribusi banyak untuk BKKBN dalam mensosialisasikan program Bangga Kencana khususnya tidak nikah muda.

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Asmar, saat membuka acara menyampaikan bahwa kesempatan ini akan dimanfaatkan guna melatih soft skill remaja-remaja Sultra terkhusus remaja-remaja yang tergabung di dalam Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Menurutnya potensi para remaja harus terus digali melalui berbagai kegiatan positif termasuk pertemuan hari ini misalnya tentang Public Speaking, life skill, dan pengelolaan Social Media di masa Pandemi COVID-19. Yang tidak kalah penting agar substansi Program Bangga Kencana wajib disampaikan oleh para narasumber kepada peserta yaitu seperti Teknik Fasilitator dengan menggunakan modul PKBR, pengelolaan PIK Remaja, pendidik sebaya dan konselor sebaya.

Dikatakan, apalagi di masa Pandemi COVID-19 ini memang pelatihan soft skill ini sangat diperlukan oleh remaja guna tidak membuat remaja bosan, bahkan jenuh dengan keadaan yang harus safety di era pandemi COVID-19 ini.┬áJadi para remaja tidak hanya sekedar dibekali dengan program Bangga Kencana saja tetapi juga dengan kegiatan positif lainnya terutama yang berkaitan dengan pengembangan diri. Disela-sela sambuatan, Asmar berharap agar kegiatan tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dari pemerintah seperti memakai masker dan handsanitizer ketika berpergian,”

Pelatihan GenRe Akademik diadakan selama 3 hari dari tanggal 15-17 Agustus 2020 dengan mengusung tema “Remaja Berkualitas dengan Potensi Tak Terbatas”.

Peserta kegiatan ini yakni PIK Remaja SMP Negeri 9 Kendari, PIK Remaja SMAN 4 Kendari, PIK Remaja MAN 1 Kendari, PIK Remaja MAN Insan Cendekia Kendari, PIK Remaja SMAN 11 Kendari, dan PIK Remaja SMP Negeri 17 Kendari.

Pewarta: Muslimin, SH (Pranata Humas Ahli Muda Perwakilan BKKBN Prov. Sultra)

Editor: Agus Salim, SE., MM (Analis Kebijakan Ahli Madya Perwakilan BKKBN Prov. Sultra)