Genjot Penurunan Stunting, Konsel Tambah kampung KB

KONAWE SELATAN, Sibernas.id – Konawe Selatan kembali menambah jumlah Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB).

Hari ini (13/9/2022) Dr. H. Mustakim, M.Si, koordinator Bidang pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara didaulat untuk mencanangkan Kampung KB yang ke-54 di Kabupaten Konawe Selatan yang saat ini dikomandani Surunuddin Dangga sebagai bupatinya.

Kampung KB yang dicanangkan saat ini adalah Kampung KB “Nunulai” Desa Watumokala Kecamatan Andolo Barat.

Dalam sambutannya, Mustakim menyampaikan, Kampung KB merupakan program yang sangat strategis untuk membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia, karena menggunakan pendekatan yang sangat komprehensif dan multi sasaran.

Terlebih lagi, kata dia, saat ini Pemerintah Indonesia tengah melakukan upaya percepatan penurunan stunting, maka Kampung KB pun merupakan wahana yang paling pas untuk itu.

“Selain kampung KB kita canangkan, hari ini juga kita launching program dashat alias Program Dapur Sehat Atasi Stunting. Dimana dalam program dashat setidaknya diĀ  kampung KB ini minimal sebulan sekali melakukan demo memasak makanan sehat yang menghadirkan ibu-ibu hamil dan ibu pemilik baduta. Agar para ibu hamil dan pemilik baduta tsb juga bisa bisa menghadirkan dashat di rumahnya masing-masing, sehingga di kampung ini tidak ada lagi bumil dan pemilik baduta yang makanannya tidak bergizi,” Urai Mustakim yang disahuti seluruh peserta dan disetujui oleh Kepala Desa setempat jika anggaran untuk itu harusĀ  disediakan dari Dana Desa atau ADD.

Dalam kesempatan itu hadir juga dari jajaran Dinas PPKB Konsel, Kepala Puskesmas selaku pemateri, Camat Andoolo Barat dan babinsa setempat. Kegiatan tsb sebenarnya hanya mengundang 25 warga desa, namu yang hadir sekitar 50 orang.

 

Sumber: https://sibernas.id